A. Dasar Teori
1. Konsep Pemrograman
Pemrograman adalah proses membuat serangkaian instruksi yang dapat dijalankan oleh komputer untuk melakukan tugas tertentu. Instruksi ini ditulis menggunakan bahasa pemrograman.
Inti dari pemrograman:
- Memecahkan masalah menggunakan logika dan algoritma.
- Menginstruksikan komputer untuk melakukan pekerjaan secara otomatis.
- Melibatkan proses menulis, menguji, memperbaiki, dan memelihara kode.
Contoh penerapan pemrograman:
- Membuat aplikasi mobile.
- Mengembangkan perangkat lunak desktop.
- Membangun sistem web.
- Mengolah data secara otomatis.
2. Pemrograman vs. Bahasa Pemrograman
Pemrograman | Bahasa Pemrograman |
---|---|
Proses menulis, menguji, dan menjalankan instruksi pada komputer. | Alat atau sistem sintaksis yang digunakan untuk menulis instruksi tersebut. |
Fokus pada logika, algoritma, dan implementasi solusi. | Fokus pada aturan, sintaks, dan fitur bahasa tertentu. |
Contoh: Proses membuat aplikasi e-commerce. | Contoh: Python, Java, C++, JavaScript. |
Aktivitas universal, tidak bergantung pada satu alat tertentu. | Alat khusus dengan aturan dan kemampuan berbeda. |
3. Jenis-jenis Paradigma Pemrograman
Paradigma pemrograman adalah gaya atau pendekatan yang digunakan untuk menulis program. Berikut adalah jenis-jenis utama paradigma pemrograman:
3.a. Paradigma Imperatif
- Fokus: Memberitahu bagaimana melakukan tugas langkah demi langkah.
- Contoh: C, Pascal.
- Pendekatan: Menggunakan variabel, pernyataan kondisi, dan loop.
- Contoh kode: c
int sum = 0;
for (int i = 0; i < 10; i++) {
sum += i;
}
3.b. Paradigma Deklaratif
- Fokus: Memberitahu apa yang harus dilakukan, tanpa detail bagaimana melakukannya.
- Contoh: SQL, Prolog.
- Pendekatan: Menyatakan hubungan atau aturan, bukan langkah.
- Contoh kode (SQL): sql
SELECT * FROM employees WHERE age > 30;
3.c. Paradigma Berorientasi Objek (OOP)
- Fokus: Memodelkan masalah menggunakan objek yang merepresentasikan data dan fungsi.
- Contoh: Java, Python, C++.
- Konsep utama: Kelas, objek, pewarisan, polimorfisme.
- Contoh kode (Python): python
class Person:
def __init__(self, name):
self.name = name
def say_hello(self):
print(f"Hello, my name is {self.name}")
p = Person("Alice")
p.say_hello()
3.d. Paradigma Fungsional
- Fokus: Menggunakan fungsi sebagai elemen dasar, bebas dari efek samping (stateless).
- Contoh: Haskell, Scala, Kotlin (dengan gaya fungsional).
- Pendekatan: Komposisi fungsi, fungsi murni.
- Contoh kode (Python):
numbers = [1, 2, 3, 4, 5]
squared = list(map(lambda x: x**2, numbers))
print(squared)
3.e. Paradigma Logika
- Fokus: Menyatakan fakta dan aturan, lalu komputer mencari solusi.
- Contoh: Prolog.
- Pendekatan: Deklarasi fakta dan aturan logika.
- Contoh kode (Prolog):
loves(john, mary).
loves(mary, john).
3.f. Paradigma Skrip
- Fokus: Automatisasi tugas atau proses sederhana.
- Contoh: Python, Bash.
- Pendekatan: Menggunakan skrip untuk menjalankan perintah cepat.
4.Programmer
Programmer adalah seseorang yang menulis, menguji, dan memelihara kode untuk menciptakan perangkat lunak, aplikasi, atau sistem komputer. Mereka menggunakan berbagai bahasa pemrograman untuk memberikan instruksi kepada komputer agar dapat menjalankan tugas tertentu.
Tugas Utama Programmer
- Menulis Kode: Membuat program dengan mengikuti logika atau algoritma tertentu.
- Mengembangkan Aplikasi: Membuat aplikasi berbasis desktop, web, mobile, atau lainnya.
- Debugging: Mencari dan memperbaiki kesalahan (bug) pada program.
- Mengoptimalkan Kode: Memastikan program berjalan dengan efisien dan cepat.
- Berkomunikasi dengan Tim: Bekerja sama dengan desainer, manajer proyek, dan tim lainnya.
- Memelihara Program: Memperbarui perangkat lunak agar tetap relevan dan bebas dari masalah keamanan.
Jenis-jenis Programmer
- Frontend Developer
- Mengembangkan antarmuka pengguna (UI).
- Contoh teknologi: HTML, CSS, JavaScript (React, Angular, dll).
- Backend Developer
- Mengelola logika bisnis, server, dan database.
- Contoh teknologi: Python (Django, Flask), Java, PHP, Ruby.
- Fullstack Developer
- Menguasai frontend dan backend.
- Mobile Developer
- Membuat aplikasi untuk perangkat seluler.
- Contoh teknologi: Swift (iOS), Kotlin/Java (Android), Flutter, React Native.
- Game Developer
- Membuat game untuk komputer, konsol, atau perangkat mobile.
- Contoh teknologi: Unity, Unreal Engine, C++.
- DevOps Engineer
- Memastikan alur pengembangan perangkat lunak berjalan efisien.
- Contoh teknologi: Docker, Kubernetes, Jenkins.
- Data Scientist / Data Engineer
- Menganalisis data atau mengelola infrastruktur data.
- Contoh teknologi: Python, R, SQL, Apache Spark.
Skill yang Dibutuhkan untuk Menjadi Programmer
- Kemampuan Teknis
- Menguasai satu atau lebih bahasa pemrograman (Python, Java, C++, dll).
- Pemahaman algoritma dan struktur data.
- Mengerti konsep database (SQL dan NoSQL).
- Problem Solving
- Mampu memecahkan masalah secara logis dan efisien.
- Pemahaman Dasar Komputer
- Mengerti cara kerja sistem operasi, jaringan, dan keamanan.
- Soft Skills
- Berkomunikasi dengan baik.
- Bekerja dalam tim.
- Beradaptasi dengan teknologi baru.
Langkah untuk Menjadi Programmer
- Pilih Bahasa Pemrograman
Mulai dari bahasa yang mudah dipelajari, seperti Python atau JavaScript. - Pelajari Algoritma dan Struktur Data
Memahami dasar-dasar ini sangat penting untuk menyelesaikan masalah dengan efisien. - Latihan dengan Proyek Sederhana
Buat program seperti kalkulator, daftar tugas, atau aplikasi web sederhana. - Gunakan Platform Belajar
Manfaatkan situs seperti Codecademy, Udemy, Coursera, atau HackerRank untuk belajar dan berlatih. - Bergabung dengan Komunitas
Ikut forum atau grup programmer seperti GitHub, Stack Overflow, atau forum lokal. - Buat Portofolio
Simpan dan pamerkan proyek Anda di GitHub atau platform lain untuk menunjukkan keterampilan Anda.
B. Mengenal Infrastruktur Program dan Bahasa Pemrograman Python
Pada tahapan ini kita akan berkenalan dengan infrastruktur bahasa pemrograman python mulai dari menginstall perangkat lunak code editor seperti Visual Studi Code, python sampai dengan membuat program sederhana.
B.1 Install Aplikasi Script Editor Sesuai Sistem Operasi
Download & Install Visual Studio Code [link]
B.2 Install Aplikasi Python Sesuai Sistem Operasi
B.3 Test
Silahkan test bahasa pemrograman python menggunakan syntax/sintax/perintah berikut pada command prompt atau terminal.
python
B.4 Membuat Program Kalkulator Sederhana
Buat Program kalkulator sederhana menggunakan software Visual Studio Code (VS Code) yang berisikan kode berikut.
Jika tidak ingin menggunakan vs code dapat menggunakan notepad atau software editor lainnya
# Program Kalkulator Sederhana
def kalkulator():
print("=== Kalkulator Sederhana ===")
print("1. Penjumlahan")
print("2. Pengurangan")
print("3. Perkalian")
print("4. Pembagian")
# Memilih operasi
pilihan = input("Pilih operasi (1/2/3/4): ")
if pilihan in ['1', '2', '3', '4']:
# Memasukkan angka
try:
angka1 = float(input("Masukkan angka pertama: "))
angka2 = float(input("Masukkan angka kedua: "))
except ValueError:
print("Input harus berupa angka!")
return
# Melakukan operasi
if pilihan == '1':
hasil = angka1 + angka2
print(f"Hasil: {angka1} + {angka2} = {hasil}")
elif pilihan == '2':
hasil = angka1 - angka2
print(f"Hasil: {angka1} - {angka2} = {hasil}")
elif pilihan == '3':
hasil = angka1 * angka2
print(f"Hasil: {angka1} * {angka2} = {hasil}")
elif pilihan == '4':
if angka2 != 0:
hasil = angka1 / angka2
print(f"Hasil: {angka1} / {angka2} = {hasil}")
else:
print("Kesalahan: Pembagian dengan nol tidak diperbolehkan!")
else:
print("Pilihan tidak valid!")
# Menjalankan program
kalkulator()
Jika sudah save file berikut pada folder Documents pada komputer Anda dengan nama calc.py
Tahapan selanjurnya eksekusi/jalankan program python dengan perintah berikut